PROPOSAL
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
PAPI BARU (Papan Scan Dengan Wireless Earpiece Bluetooth Guna
Mengubah Tulisan/ Teks Menjadi Suara Bagi Tunanetra)
BIDANG KEGIATAN:
PKM KARSA CIPTA
Diusulkan Oleh :
Nisrina
Nur Aisy 19010044023/2019
Lina HuzaimatulAnfariyah 19010044037/2019
UNIVERSITAS
NEGERI SURABAYA
KOTA SURABAYA
2020
PENGESAHAN USULAN PKM KARSA CIPTA
1.
JudulKegiatan :PAPAN SCAN DENGAN WIRELESS EARPIECE BLUETOOTH GUNA MENGUBAH
TULISAN (TEKS) MENJADI SUARA BAGI TUNANETRA
2.
BidangKegiatan :
PKM Karsa Cipta
3.
KetuaPelaksanaKegiatan
a.
Nama Lengkap : Lina HuzaimatulAnfariyah
b.
NIM : 19010044037
c.
Program Studi : S1 PendidikanLuarBiasa
d.
Perguruan Tinggi :
UniversitasNegeri Surabaya
e.
AlamatRumahdan No TEL./HP :Bangsalan,
Sambit, Ponorogo
f.
Alamat email :
linahuzaimatul@gmail.com
4.
AnggotaPelaksanaKegiatan : 2 orang
5.
DosenPendamping
a.
Nama LengkapdanGelar :
b.
NIDN :
c.
AlamatRumahdan NO Tel./HP :
6.
BiayaKegiatan Total :Rp4.200.000
a.
Kemristekdikti :Rp4.200.000
b.
Mitra Lain :
-
7.
JangkaWaktuPelaksanaan : 5 Bulan
Menyetujui
DosenPendamping,
()
NIDN/NIDK.
|
KetuaPelaksanaKegiatan,
(Lina
HuzaimatulAnfariyah)
NIM.
19010044037
|
|
Wakil RektorBidangKemahasiswaan/
DirekturPoliteknik/ KetuaSekolah Tinggi,
()
NIP/NIK
|
||

DAFTAR
GAMBAR
Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.
Gambar 4.
Gambar 5.
DAFTAR
TABEL
Tabel 1.
Tabel 2.
Tabel 3.
Tabel 4.
BAB 1.
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa
ini sering kita temui anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan
gangguan penglihatan (Tunanetra). Anak tunanetra adalah anak yang memiliki
gangguan, hambatan dan kelainan pada organ penglihatan, yang disebabkan oleh
beberapa faktor, diantaranya faktor genetik/ keturunan, faktor pada saat ibu
mengandung misalnya ibu terkena bakteri/ virus yang menyerang mata sang janin,
faktor kecelakaan yang menyebabkan hilangnya penglihatan, dan masih banyak
faktor pengaruh lainnya.
Anak
dengan gangguan penglihatan (tunanetra) ini tentunya memiliki beberapa gangguan
dalam tumbuh dan berkembangnya anak. Gangguan dalam visual ini tentunya
menyulitkan anak dalam aspek motorik, sensorik, sosial, dll. Pada umumnya
mereka cenderung bergantung dan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain.
Contohnya ketika anak tunanetra mencari letak barang, ataupun melangkah ke
tempat-tempat tertentu yang tentunya memerlukan perhatian dan pengawasan dari
orang tua. Akan tetapi hambatan paling besar yang disandang tunanetra ini
adalah dalam aspek motorik. Perkembangan motorik berjalan seiring dengan penginderaan,
sementara anak tunanetra mengalami hambatan dalam sistem umpan balik persepsi
penginderaan, seperti pengenalan bentuk, ukuran dan ruang (spatial), Akibatnya
pencapaian motorik anak tunanetra akan lebih rendah dari pada anak-anak awas.
Selain
hambatan motorik, anak tunanetra juga memilki hambatan dalam perkembangan
kognitifnya. Seperti yang kita tahu bahwasannya Indera penglihatan adalah salah
satu indera yang paling penting dalam penerimaan informasi, sedangkan
perkembangan kognitif pada seseorang sangat dipengaruhi oleh peranan dan fungsi
indra penglihatan sebagai modalitas dalam melakukan pengamatan-pengamatan
terhadap objek-objek yang berada di sekitarnya. Karena anak tunanetra tidak
memiliki kemampuan visual sebagai salah satu aspek perkembangan kognitif, maka
ketunaannya pun akan berakibat pada perkembangan kognitif.
Dalam
perkembangannya, anak dengan tunanetra dapat membaca maupun menulis dengan
huruf braile, dimana huruf braile ini dapat diraba oleh anak tunanetra,
sehingga tunanetra dapat menterjemahkan bacaan yang dibacanya dalam buku braile
tersebut. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu tetap saja meskipun telah
menggunakan huruf braile dalam buku-buku anak tunanetra tentunya mereka masih
membutuhkan buku lain untuk menunjang pengetahuan dan pembelajaran. Oleh karena
itu untuk mencapai pembelajaran yang efektif penyusun membuat sebuah karsa
cipta yang mampu mengubah sebuah papan untuk menscan teks menjadi suara yang
dapat didengarkan anak tunanetra.
Topik karsa cipta yang digunakan dalam proposal karsa cipta
ini adalah penggunaan papan scan yang dapat tersambung dengan earpiece yang
dilengkapi wireless serta bluetooth sehingga teks bacaan dapat ditransformasikan
ke dalam bentuk audio.
1.2
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka
permasalahan pada penelitian ini dapat dirumuskan: bagaimana membuat rancangan
koseptual PAPI BARU (Papan scAn pada dengan wireless
earPIece Bluetooth guna mengubah tulisAn/ teks menjadi suaRa bagi tUnanetra)
sehingga efektif dalam pembelajaran bagi anak tunanetra dalam membaca teks ?
1.3
Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk
:
1.
Merancang sistem dan konsep PAPI BARU sehingga dapat digunakan sebagai inovasi efektivitas belajar
pada tunanetra.
2.
Membuat prototype PAPI BARU.
1.4 Manfaat
Adapun manfaat dari kegiatan yang dimaksud adalah
mampu menjadikan alternatif teknologi yang dapat digunakan bagi anak tunanetra
agar dalam pembelajaran khususnya membaca maka anak tak perlu meraba braile dan
memahami buku teks braile, akan tetapi langsung memperdengarkan hasil teks yang
telah discan/ buku bacaan yang telah ditempel pada layar scan, dimana nantinya
akan ditranformasikan ke dalam bentuk bunyi, dengan penggunaan earpiece. Selain
itu, karsa cipta ini diharapkan mampu memberikan masukan pada pengembangan
teknologi kepada anak dengan tunanetra.
1.5 Luaran
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1. Rancangan konseptual PAPI BARU
2. Prototype PAPI BARU yang digunakan pada anak tunanetra
3. Diterbitkan dalam bentut artikel ilmiah yang
dimuat pada konferensi teknologi bagi anak tunanetra.
BAB
2.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1
Kondisi Lingkungan Umum
Anak tunanetra memiliki
hambatan pada aspek visual. Pada umumnya anak tunanetra dibedakan menjadi 2,
yaitu low vision atau kurangnya penglihatan atau Totally blind atau buta total
dimana kemampuan visual sudah benar-benar tidak berfungsi. Pada buta total ini,
kemampuan anak dalam hal visual amat terbatas, sehingga dalam pembelajaran dan
pengajarannya memerlukan beberapa upaya dan strategi khusus.
Membaca dan menulis braille
merupakan salah satu sarana bagi para penyandang tunanetra totally blind/ buta
total dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan orang lain
menggunakan dria taktual. Kepekaan dria taktual merupakan sebuah tuntutan bagi
anak tunanetra dalam kecakapan membaca dan menulis braille.
Akan tetapi seiring
berkembangnya zaman, dan seiring beranjaknya anak menjadi dewasa tentunya anak
tunanetra anak tunanetra tidak melulu membaca buku braille, kendala lainnya
adalah tidak semua buku dicetak dengan braile, sehingga tetap saja tunanetra
membutuhkan referansi lain dengan buku-buku teks maupun buku pelajaran lainnya.
Oleh karena itu kegiatan ini
2.2
Gambaran Karsa Cipta
Rancangan dari PAPI BARU
merupakan inovasi terbaru dari mesin baca Kurzweil, dimana mesin baca ini dapat
membaca suatu buku yang tercetak, hasil dari huruf-hurufnya dikeluarkan dalam
bentuk suara. Namun yang perlu diingat, bahwa rancangan pada PAPI BARU berbeda
baik sistem input dan output dari mesin baca Kurzweil, akan tetapi secara
prinsip pada dasarnya sama, yaitu mengubah tulisan (Teks) menjadi suara. Jika
pada mesin baca Kurzweil sistem output nya seperti radio, namun pada PAPI BARU
sistem outputnya menggunakan wireless earpiece yang dilengkapi dengan bluetooth
sehingga tunanetra hanya perlu memasang earpiece pada telinganya.
Gambar 1. Rancangan konseptual
PAPI BARU
![]() |
|||
![]() |
|||
Gambar Perangkat wifi/
translator
BAB
3.
METODE
PELAKSANAAN
3.1 Tahap Pelaksanaan
Metode dalam pelaksanaan program karsa cipta ini adalah sebagai berikut :
3.1.1 Pra Kegiatan
Tahap pra kegiatan adalah tahap awal sebelum pelaksanaan progam karsa cipta.
Dalam tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu:
1. Rapat strategi pelaksanaan
2. Pengumpulan
data
3. Perencanaan
4. Penetapandesain
prototype Scanner dan Wireless Earphone
5. Pembelianalatdanbahan
3.1.2 Pelaksanaan Kegiatan
Tahap pelaksanaan kegiatan adalah tahap utama dari program karsa cipta. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu :
1. Pembuatan prototype Scanner dan Wireless Earphone
2. Uji coba awal prototype Scanner dan Wireless Earphone
3. Revisi prototype Scanner dan Wireless Earphone
4. Uji coba akhir prototype Scanner dan Wireless Earphone
5. Revisi operasional prototype Scanner dan
Wireless Earphone
6. Uji coba dan penyempurnaan
prototype Scanner dan Wireless
Earphone
7. Pengujian prototype
Scanner dan Wireless Earphone
3.1.3 PascaKegiatan
Tahap pasca kegiatan adalah tahap akhir dari program karsa cipta. Dalam tahap ini ada beberapa hal
yang dilakukan, yaitu :
1. Evaluasi
2. PembuatanLaporan
BAB 4.
BIAYA DAN JADWAL
KEGIATAN
AnggaranBiaya
NO
|
JenisPengeluaran
|
Biaya
(Rp)
|
1
|
Perlengkapan
Yang Diperlukan
1. Headset
Bluetooth Wireless
2. Papan
scan
3. Perlengkapan penunjang
|
1.250.000
2.000.000
1.000.000
|
2
|
Perjalanan
1.
Kirim barang dari dalam dan luar negeri (komponen pembuatan alat)
|
500.000
|
3
|
Lain-lain : Administrasi, publikasi, laporan
|
1.400.000
|
JUMLAH 6.150.000
|
JadwalKegiatan
No
|
JenisKegiatan
|
Bulan
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Studi Literatur
|
![]() |
||||
2
|
Desain Produk
|
![]() |
||||
3
|
Pembuatan Produk
|
![]() |
||||
4
|
Kalibrasi Produk
|
![]() |
||||
5
|
Pengujian
|
![]() |
||||
6
|
Lapangan
|
![]() |
||||
7
|
Analisa
|
![]() |
DAFTAR PUSTAKA
Sunardi &
Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat
Ketenagaan 2007
Rudiyati, S. 2010. Pembelajaran
Membaca dan Menulis Braille Permulaan pada Anak Tunanetra. Jurnal JASSI,
Anakku Vol. 9 Nomor 1 Tahun 2010
Riadi, M. 2019.
Karakteristik, penyebab dan Metode Belajar Anak Tunanetra. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2019/11/jenis-karakteristik-penyebab-dan-metode-belajar-anak-tunanetra.html?m=1 [01 Mei 2020]
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1. Biodata
Ketua, Anggota dan Dosen pendamping
Biodata
Ketua
A. IdentitasDiri
1
|
Nama
Lengkap
|
Lina HuzaimatulAnfariyah
|
2
|
JenisKelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program
Studi
|
S1
PendidikanLuarBiasa
|
4
|
NIM
|
19010044037
|
5
|
TempatdanTanggalLahir
|
Trenggalek,
19 juli 2000
|
6
|
Alamat
E-mail
|
linahuzaimatul@gmail.com
|
7
|
NomorTelepon/HP
|
081232674149
|
B. KegiatanKemahasiswaan
Yang Sedang/PernahDiikuti
No
|
JenisKegiatan
|
Status dalamKegiatan
|
WaktudanTempat
|
1
|
HMJ
PLB
|
Anggota
|
2020
|
2
|
|||
3
|
C. Penghargaan
Yang PernahDiterima
No
|
JenisPenghargaan
|
PihakPemberiPenghargaan
|
Tahun
|
1
|
|||
2
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di
kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan PKM-Karsa Cipta
Surabaya, 1 Mei 2020
Ketua Tim
(Lina
Huzaimatul A)
Biodata Anggota I
A. Identitas Diri
1
|
Nama
Lengkap
|
Nisrina Nur Aisy
|
2
|
JenisKelamin
|
Perempuan
|
3
|
Program
Studi
|
S1
PendidikanLuarBiasa
|
4
|
NIM
|
190100440
|
5
|
TempatdanTanggalLahir
|
Kediri,
29 Juli 2000
|
6
|
Alamat
E-mail
|
nisrina.na25@gmail.com
|
7
|
NomorTelepon/HP
|
085655971008
|
B. KegiatanKemahasiswaan
Yang Sedang/PernahDiikuti
No
|
JenisKegiatan
|
Status dalamKegiatan
|
WaktudanTempat
|
1
|
HMJ
PLB
|
Anggota
|
2020
|
2
|
|||
3
|
C. Penghargaan
Yang PernahDiterima
No
|
JenisPenghargaan
|
PihakPemberiPenghargaan
|
Tahun
|
1
|
|||
2
|
Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di
kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.
Demikian
biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan PKM-Karsa Cipta
Surabaya,
1 Mei 2020
Anggota
Tim
(NisrinaNurAisy)
Biodata DosenPendamping
A. IdentitasDiri
1
|
Nama
Lengkap
|
|
2
|
JenisKelamin
|
|
3
|
Program
Studi
|
|
4
|
NIP/NIDN
|
|
5
|
TempatdanTanggalLahir
|
|
6
|
Alamat
E-mail
|
|
7
|
NomorTelepon/HP
|
B. RiwayatPendidikan
GelarAkademik
|
Sarjana
|
S2/Magister
|
S3/Doktor
|
Nama
Institusi
|
|||
Jurusan/Prodi
|
|||
TahunMasuk-Lulus
|
C. RekamJejak
Tri Dharma Perguruan Tinggi
C.1. Pendidikan/Pengajaran
No
|
Nama Mata Kuliah
|
Wajib/Pilihan
|
SKS
|
C.2. Penelitian
No
|
JudulPenelitian
|
Penyandang Dana
|
Tahun
|
C.3.
PengabdianKepadaMasyarakat
No
|
JudulPengabdiankepadaMasyarakat
|
Penyandang Dana
|
Tahun
|
Semua
data yang sayaisikandantercantumdalam biodata
iniadalahbenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum. Apabila di
kemudianhariternyatadijumpaiketidaksesuaiandengankenyataan, sayasanggupmenerimasanksi.
Demikian
biodata inisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuan
PKM-KC.
Surabaya,
1 Mei 2020
DosenPendamping
( NamaLengkap )
Lampiran 2.
JustifikasiAnggaranKegiatan
NO
|
JenisPengeluaran
|
Biaya
(Rp)
|
1
|
Perlengkapan
Yang Diperlukan
4. Headset
Bluetooth Wireless
5. Papan
scan
|
200.000
2.000.000
|
2
|
Perjalanan
2.
Kirimbarangdaridalamdanluarnegeri
(komponenpembuatanalat)
|
1.500.000
|
3
|
Lain-lain
|
500.000
|
JUMLAH 4.200.000
|
Lampiran 3.
SusunanOrganisasi Tim KegiatandanPembagianTugas
No
|
Nama / NIM
|
Program
Studi
|
Bidang
Ilmu
|
AlokasiWaktu
(jam/minggu)
|
UraianTugas
|
1
|
NisrinaNurAisy
|
S1
PendidikanLuarBiasa
|
Ortopedagogik
|
||
2
|
Lina
Huzaimatul A
|
S1
PendidikanLuarBiasa
|
Ortopedagogik
|
Lampiran 4. Surat
PernyataanKetuaPelaksana
|


UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA
Yang
bertandatangan di bawahini:
Nama : Lina HuzaimatulAnfariyah
NIM : 19010044037
Program
Studi : S1 PendidikanLuarBiasa
Fakultas : IlmuPendidikan
Dengan ini menyatakan bahwa proposal <PKM-KarsaCipta> saya dengan judul PAPI BARU (Papan
scAn pada dengan wireless earPIece Bluetooth
guna mengubah tulisAn/ teks menjadi suaRa bagi tUnanetra)yang
diusulkan untuk tahun anggaran 2020 adalah asli karya kami dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana
di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya yang sudah diterima kekas negara.
Demikianpernyataaninidibuatdengansesungguhnyadandengansebenar-benarnya.
Mengetahui,
Wakil/PembantuDekanatau
KetuaJurusan/Departemen/Program
Studi/
Pembimbing
Unit KegiatanMahasiswa
|
Surabaya,
1 Mei 2020
Yang
menyatakan,
|
(Dr.
AsriWjiastuti, M.Pd)
NIP/NIK.
196110311986032001
|
Materai
6.000
(Lina
Huzaimatul A)
NIM.
19010044037
|
Lampiran 5.
GambaranTeknologi yang akanDiterapkan.
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
![]() |
|||||||||||||||||
Comments
Post a Comment