PROPOSAL PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA

PAPI BARU (Papan Scan Dengan Wireless Earpiece Bluetooth Guna Mengubah Tulisan/ Teks Menjadi Suara Bagi Tunanetra)

BIDANG KEGIATAN:
PKM KARSA CIPTA

Diusulkan Oleh :
           
Nisrina Nur Aisy                                             19010044023/2019
Lina HuzaimatulAnfariyah                 19010044037/2019



UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
KOTA SURABAYA
2020

PENGESAHAN USULAN PKM KARSA CIPTA

1.      JudulKegiatan                                                 :PAPAN SCAN DENGAN WIRELESS EARPIECE BLUETOOTH GUNA MENGUBAH TULISAN (TEKS) MENJADI SUARA BAGI TUNANETRA
2.      BidangKegiatan                                              : PKM Karsa Cipta
3.      KetuaPelaksanaKegiatan
a.       Nama Lengkap                                         : Lina HuzaimatulAnfariyah
b.      NIM                                                                     : 19010044037
c.       Program Studi                                          : S1 PendidikanLuarBiasa
d.      Perguruan Tinggi                                      : UniversitasNegeri Surabaya
e.       AlamatRumahdan No TEL./HP  :Bangsalan, Sambit, Ponorogo
f.       Alamat email                                            : linahuzaimatul@gmail.com
4.      AnggotaPelaksanaKegiatan                            : 2 orang
5.      DosenPendamping
a.       Nama LengkapdanGelar              :
b.      NIDN                                                       :
c.       AlamatRumahdan NO Tel./HP    :
6.      BiayaKegiatan Total                                       :Rp4.200.000
a.       Kemristekdikti                                          :Rp4.200.000
b.      Mitra Lain                                                 : -
7.      JangkaWaktuPelaksanaan                               : 5 Bulan


Menyetujui
DosenPendamping,




()
NIDN/NIDK.

KetuaPelaksanaKegiatan,





(Lina HuzaimatulAnfariyah)
NIM. 19010044037



Wakil RektorBidangKemahasiswaan/
DirekturPoliteknik/ KetuaSekolah Tinggi,



()
NIP/NIK



DAFTAR GAMBAR
Gambar 1.
Gambar 2.
Gambar 3.
Gambar 4.
Gambar 5.

























DAFTAR TABEL
Tabel 1.
Tabel 2.
Tabel 3.
Tabel 4.



























BAB 1.

PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang

Dewasa ini sering kita temui anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya anak dengan gangguan penglihatan (Tunanetra). Anak tunanetra adalah anak yang memiliki gangguan, hambatan dan kelainan pada organ penglihatan, yang disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya faktor genetik/ keturunan, faktor pada saat ibu mengandung misalnya ibu terkena bakteri/ virus yang menyerang mata sang janin, faktor kecelakaan yang menyebabkan hilangnya penglihatan, dan masih banyak faktor pengaruh lainnya.
Anak dengan gangguan penglihatan (tunanetra) ini tentunya memiliki beberapa gangguan dalam tumbuh dan berkembangnya anak. Gangguan dalam visual ini tentunya menyulitkan anak dalam aspek motorik, sensorik, sosial, dll. Pada umumnya mereka cenderung bergantung dan sangat membutuhkan bantuan dari orang lain. Contohnya ketika anak tunanetra mencari letak barang, ataupun melangkah ke tempat-tempat tertentu yang tentunya memerlukan perhatian dan pengawasan dari orang tua. Akan tetapi hambatan paling besar yang disandang tunanetra ini adalah dalam aspek motorik. Perkembangan motorik berjalan seiring dengan penginderaan, sementara anak tunanetra mengalami hambatan dalam sistem umpan balik persepsi penginderaan, seperti pengenalan bentuk, ukuran dan ruang (spatial), Akibatnya pencapaian motorik anak tunanetra akan lebih rendah dari pada anak-anak awas.
Selain hambatan motorik, anak tunanetra juga memilki hambatan dalam perkembangan kognitifnya. Seperti yang kita tahu bahwasannya Indera penglihatan adalah salah satu indera yang paling penting dalam penerimaan informasi, sedangkan perkembangan kognitif pada seseorang sangat dipengaruhi oleh peranan dan fungsi indra penglihatan sebagai modalitas dalam melakukan pengamatan-pengamatan terhadap objek-objek yang berada di sekitarnya. Karena anak tunanetra tidak memiliki kemampuan visual sebagai salah satu aspek perkembangan kognitif, maka ketunaannya pun akan berakibat pada perkembangan kognitif.
Dalam perkembangannya, anak dengan tunanetra dapat membaca maupun menulis dengan huruf braile, dimana huruf braile ini dapat diraba oleh anak tunanetra, sehingga tunanetra dapat menterjemahkan bacaan yang dibacanya dalam buku braile tersebut. Akan tetapi, seiring berkembangnya waktu tetap saja meskipun telah menggunakan huruf braile dalam buku-buku anak tunanetra tentunya mereka masih membutuhkan buku lain untuk menunjang pengetahuan dan pembelajaran. Oleh karena itu untuk mencapai pembelajaran yang efektif penyusun membuat sebuah karsa cipta yang mampu mengubah sebuah papan untuk menscan teks menjadi suara yang dapat didengarkan anak tunanetra.
Topik karsa cipta yang digunakan dalam proposal karsa cipta ini adalah penggunaan papan scan yang dapat tersambung dengan earpiece yang dilengkapi wireless serta bluetooth sehingga teks bacaan dapat ditransformasikan ke dalam bentuk audio.

1.2 Rumusan Masalah
            Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka permasalahan pada penelitian ini dapat dirumuskan: bagaimana membuat rancangan koseptual PAPI BARU (Papan scAn pada dengan wireless earPIece Bluetooth guna mengubah tulisAn/ teks menjadi suaRa bagi tUnanetra) sehingga efektif dalam pembelajaran bagi anak tunanetra dalam membaca teks ?

1.3  Tujuan
Kegiatan ini bertujuan untuk :
1.      Merancang sistem dan konsep PAPI BARU sehingga dapat digunakan sebagai inovasi efektivitas belajar pada tunanetra.
2.      Membuat prototype PAPI BARU.

1.4  Manfaat
Adapun manfaat dari kegiatan yang dimaksud adalah mampu menjadikan alternatif teknologi yang dapat digunakan bagi anak tunanetra agar dalam pembelajaran khususnya membaca maka anak tak perlu meraba braile dan memahami buku teks braile, akan tetapi langsung memperdengarkan hasil teks yang telah discan/ buku bacaan yang telah ditempel pada layar scan, dimana nantinya akan ditranformasikan ke dalam bentuk bunyi, dengan penggunaan earpiece. Selain itu, karsa cipta ini diharapkan mampu memberikan masukan pada pengembangan teknologi kepada anak dengan tunanetra.

1.5 Luaran
Luaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah :
1. Rancangan konseptual PAPI BARU
2.  Prototype PAPI BARU yang digunakan pada anak tunanetra
3.  Diterbitkan dalam bentut artikel ilmiah yang dimuat pada konferensi teknologi bagi anak tunanetra.
BAB 2.
TINJAUAN PUSTAKA
2.1  Kondisi Lingkungan Umum
Anak tunanetra memiliki hambatan pada aspek visual. Pada umumnya anak tunanetra dibedakan menjadi 2, yaitu low vision atau kurangnya penglihatan atau Totally blind atau buta total dimana kemampuan visual sudah benar-benar tidak berfungsi. Pada buta total ini, kemampuan anak dalam hal visual amat terbatas, sehingga dalam pembelajaran dan pengajarannya memerlukan beberapa upaya dan strategi khusus.

Membaca dan menulis braille merupakan salah satu sarana bagi para penyandang tunanetra totally blind/ buta total dalam memperoleh informasi dan berkomunikasi dengan orang lain menggunakan dria taktual. Kepekaan dria taktual merupakan sebuah tuntutan bagi anak tunanetra dalam kecakapan membaca dan menulis braille.

Akan tetapi seiring berkembangnya zaman, dan seiring beranjaknya anak menjadi dewasa tentunya anak tunanetra anak tunanetra tidak melulu membaca buku braille, kendala lainnya adalah tidak semua buku dicetak dengan braile, sehingga tetap saja tunanetra membutuhkan referansi lain dengan buku-buku teks maupun buku pelajaran lainnya. Oleh karena itu kegiatan ini




2.2  Gambaran Karsa Cipta

Rancangan dari PAPI BARU merupakan inovasi terbaru dari mesin baca Kurzweil, dimana mesin baca ini dapat membaca suatu buku yang tercetak, hasil dari huruf-hurufnya dikeluarkan dalam bentuk suara. Namun yang perlu diingat, bahwa rancangan pada PAPI BARU berbeda baik sistem input dan output dari mesin baca Kurzweil, akan tetapi secara prinsip pada dasarnya sama, yaitu mengubah tulisan (Teks) menjadi suara. Jika pada mesin baca Kurzweil sistem output nya seperti radio, namun pada PAPI BARU sistem outputnya menggunakan wireless earpiece yang dilengkapi dengan bluetooth sehingga tunanetra hanya perlu memasang earpiece pada telinganya.

Gambar 1. Rancangan konseptual PAPI BARU
 




Gambar Perangkat wifi/
translator

BAB 3.
METODE PELAKSANAAN

3.1 Tahap Pelaksanaan
Metode dalam pelaksanaan program karsa cipta ini adalah sebagai berikut :
3.1.1 Pra Kegiatan
Tahap pra kegiatan adalah tahap awal sebelum pelaksanaan progam karsa cipta. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu:
1.  Rapat strategi pelaksanaan
2. Pengumpulan data
3. Perencanaan
4. Penetapandesain prototype Scanner dan Wireless Earphone
5. Pembelianalatdanbahan

3.1.2  Pelaksanaan Kegiatan
Tahap pelaksanaan kegiatan adalah tahap utama dari program karsa  cipta. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu :
1. Pembuatan prototype Scanner dan Wireless Earphone
2. Uji coba awal prototype Scanner dan Wireless Earphone
3. Revisi prototype Scanner dan Wireless Earphone
4. Uji coba akhir prototype Scanner dan Wireless Earphone
5. Revisi operasional prototype Scanner dan Wireless Earphone
6. Uji coba dan penyempurnaan prototype Scanner dan Wireless Earphone
7. Pengujian prototype Scanner dan Wireless Earphone

3.1.3  PascaKegiatan
Tahap pasca kegiatan adalah tahap akhir dari program karsa cipta. Dalam tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu :
1. Evaluasi
2. PembuatanLaporan


BAB 4.
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN

AnggaranBiaya
NO
JenisPengeluaran
Biaya (Rp)
1
Perlengkapan Yang Diperlukan
1.      Headset Bluetooth Wireless

2.      Papan scan

3.      Perlengkapan penunjang


1.250.000

2.000.000

1.000.000
2
Perjalanan
1.      Kirim barang dari dalam dan luar negeri (komponen pembuatan alat)


500.000
3
Lain-lain : Administrasi, publikasi, laporan
1.400.000
JUMLAH                                                              6.150.000


JadwalKegiatan

No
JenisKegiatan
Bulan
1
2
3
4
5
1
Studi Literatur




2
Desain Produk




3
Pembuatan Produk




4
Kalibrasi Produk




5
Pengujian




6
Lapangan




7
Analisa








DAFTAR PUSTAKA

Sunardi & Sunaryo. 2007. Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan 2007

Rudiyati, S. 2010. Pembelajaran Membaca dan Menulis Braille Permulaan pada Anak Tunanetra. Jurnal JASSI, Anakku Vol. 9 Nomor 1 Tahun 2010

Riadi, M. 2019. Karakteristik, penyebab dan Metode Belajar Anak Tunanetra. Diakses melalui https://www.kajianpustaka.com/2019/11/jenis-karakteristik-penyebab-dan-metode-belajar-anak-tunanetra.html?m=1 [01 Mei 2020]




















LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran 1. Biodata Ketua, Anggota dan Dosen pendamping

Biodata Ketua
A.    IdentitasDiri
1
Nama Lengkap
Lina HuzaimatulAnfariyah                
2
JenisKelamin
Perempuan
3
Program Studi
S1 PendidikanLuarBiasa
4
NIM
19010044037
5
TempatdanTanggalLahir
Trenggalek, 19 juli 2000
6
Alamat E-mail
linahuzaimatul@gmail.com
7
NomorTelepon/HP
081232674149

B.     KegiatanKemahasiswaan Yang Sedang/PernahDiikuti
No
JenisKegiatan
Status dalamKegiatan
WaktudanTempat
1
HMJ PLB
Anggota
2020
2



3




C.     Penghargaan Yang PernahDiterima
No
JenisPenghargaan
PihakPemberiPenghargaan
Tahun
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan PKM-Karsa Cipta

Surabaya, 1 Mei 2020
         Ketua Tim



(Lina Huzaimatul A)

























Biodata Anggota I
A.    Identitas Diri
1
Nama Lengkap
Nisrina Nur Aisy
2
JenisKelamin
Perempuan
3
Program Studi
S1 PendidikanLuarBiasa
4
NIM
190100440
5
TempatdanTanggalLahir
Kediri, 29 Juli 2000
6
Alamat E-mail
nisrina.na25@gmail.com
7
NomorTelepon/HP
085655971008

B.     KegiatanKemahasiswaan Yang Sedang/PernahDiikuti
No
JenisKegiatan
Status dalamKegiatan
WaktudanTempat
1
HMJ PLB
Anggota
2020
2



3




C.     Penghargaan Yang PernahDiterima
No
JenisPenghargaan
PihakPemberiPenghargaan
Tahun
1



2




Semua data yang saya isikan dan tercantum dalam biodata ini adalah benar dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum. Apabila di kemudian hari ternyata dijumpai ketidaksesuaian dengan kenyataan, saya sanggup menerima sanksi.

Demikian biodata ini saya buat dengan sebenarnya untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam pengajuan PKM-Karsa Cipta


Surabaya, 1 Mei 2020
        Anggota Tim



(NisrinaNurAisy)





Biodata DosenPendamping
A.    IdentitasDiri
1
Nama Lengkap

2
JenisKelamin

3
Program Studi

4
NIP/NIDN

5
TempatdanTanggalLahir

6
Alamat E-mail

7
NomorTelepon/HP


B.     RiwayatPendidikan
GelarAkademik

Sarjana
S2/Magister
S3/Doktor
Nama Institusi



Jurusan/Prodi



TahunMasuk-Lulus




C.     RekamJejak Tri Dharma Perguruan Tinggi
C.1. Pendidikan/Pengajaran
No
Nama Mata Kuliah
Wajib/Pilihan
SKS

















C.2. Penelitian
No
JudulPenelitian
Penyandang Dana
Tahun














C.3. PengabdianKepadaMasyarakat
No
JudulPengabdiankepadaMasyarakat
Penyandang Dana
Tahun













Semua data yang sayaisikandantercantumdalam biodata iniadalahbenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum. Apabila di kemudianhariternyatadijumpaiketidaksesuaiandengankenyataan, sayasanggupmenerimasanksi.

Demikian biodata inisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuan PKM-KC.


Surabaya, 1 Mei 2020
DosenPendamping



( NamaLengkap )




Lampiran 2. JustifikasiAnggaranKegiatan

NO
JenisPengeluaran
Biaya (Rp)
1
Perlengkapan Yang Diperlukan
4.      Headset Bluetooth Wireless

5.      Papan scan


200.000

2.000.000
2
Perjalanan
2.      Kirimbarangdaridalamdanluarnegeri (komponenpembuatanalat)


1.500.000
3
Lain-lain
   500.000
JUMLAH                                                              4.200.000




Lampiran 3. SusunanOrganisasi Tim KegiatandanPembagianTugas

No
Nama / NIM

Program
Studi
Bidang
Ilmu
AlokasiWaktu
(jam/minggu)
UraianTugas
1
NisrinaNurAisy
S1 PendidikanLuarBiasa
Ortopedagogik


2
Lina Huzaimatul A
S1 PendidikanLuarBiasa
Ortopedagogik






Lampiran 4. Surat PernyataanKetuaPelaksana

KampusLidahWetan  Surabaya  60213

Telepon: 031-7532160 Fax. 031-7532112 

Laman: http://fip.unesa.ac.id    


 
 

LOGO BW 2KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN

SURAT PERNYATAAN KETUA PENELITI/PELAKSANA

Yang bertandatangan di bawahini:
Nama               : Lina HuzaimatulAnfariyah
NIM                            : 19010044037
Program Studi : S1 PendidikanLuarBiasa
Fakultas                       : IlmuPendidikan

Dengan ini menyatakan bahwa proposal <PKM-KarsaCipta> saya dengan judul PAPI BARU (Papan scAn pada dengan wireless earPIece Bluetooth guna mengubah tulisAn/ teks menjadi suaRa bagi tUnanetra)yang diusulkan untuk tahun anggaran 2020 adalah asli karya kami dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.

Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya yang sudah diterima kekas negara.

Demikianpernyataaninidibuatdengansesungguhnyadandengansebenar-benarnya.




Mengetahui,
Wakil/PembantuDekanatau
KetuaJurusan/Departemen/Program Studi/
Pembimbing Unit KegiatanMahasiswa
Surabaya, 1 Mei 2020
Yang menyatakan,




(Dr. AsriWjiastuti, M.Pd)
NIP/NIK. 196110311986032001


Materai 6.000

(Lina Huzaimatul A)
NIM. 19010044037





Lampiran 5. GambaranTeknologi yang akanDiterapkan.


 














Comments

Popular posts from this blog

JAWABAN UTS